UKM-O MACO FASILKOM Gelar Event Olahraga SISFO CUP 2018

FASILKOM-Sistem Informasi CUP 2018 yang memasuki tahun ke 8 ini adalah event olahraga tahunan yang diselenggarakan oleh UKM-O MACO, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember. Event ini merupakan ajang perlombaan pada bidang olahraga yang mencakup wilayah se Eks-Keresidenan Besuki, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, dan Malang. Ada 3 kategori yang dilombakan yaitu kategori Futsal yang diikuti jenjang SMP sebanyak 30 tim, jenjang SMA sebanyak 30 tim dan dari Fakultas Universitas Jember 23 tim, kategori dance diikuti sebanyak 12 tim (umum), dan kategori basket diikuti jenjang SD sbanyak 4 tim putri dan 6 tim putra, SMA sebanyak 15 tim putra dan 9 tim putri, dan dari Fakultas Universitas Jember diikuti sebanyak 9 tim putra dan 4 tim putri. Pada tahun ini total hadiah yang diperebutkan oleh para peserta yaitu sebesar ±40 juta rupiah.

Sisfo Cup 2018

Sisfo Cup 2018

Mohamad Rifqi Darmawan selaku ketua panitia SISFO CUP 2018 menjelaskan bahwa, SISFO CUP tahun ini mengangkat tema “Harmony In Victory” yang bermakna bahwa setiap peserta memiliki rasa ingin meraih kemenangan dalam kejuaraan SISFO CUP secara sportif. Selain merupakan program kerja dari UKM-O MACO tujuan diadakan event ini agar nama almamater Universitas Jember khususnya Fakultas Ilmu Komputer lebih dikenal oleh masyarakat luas, dapat membentuk mental dan karakter yang baik bagi peserta serta menumbuhkan rasa kekerabatan yang kuat antar peserta se Eks-Keresidenan Besuki, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, dan Malang.

Event ini dilaksanakan mulai tanggal 29 Agustus-17 September 2018, bertempat di GOR PKPSO Kaliwates Jember. “SISFO CUP yang dapat dibilang cukup sukses ini sudah mempunyai “nama” dan juga termasuk event tahunan yang besar serta banyak ditunggu-tunggu oleh peserta. Karena panitia memberikan layanan yang baik serta pertunjukan yang bagus sehingga para peserta dan penonton merasa dimanjakan terutama pada saat final nanti” imbuh Rosatahama Panji selaku Ketua Umum UKM-O MACO, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember. Final kategori futsal dan dance akan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2018.

Namun, event yang sudah besar sekalipun dan banyak diminati oleh para peserta tidak serta merta lancar dalam melaksanakan event ini. Dikarenakan sasaran utamanya adalah para pelajar dari SD hingga SMA, panitia mengalami kesulitan dalam mencari peserta. Alasan utamanya adalah MGMP (musyawarah guru mata pelajaran) yang membahas tentang diperbolehkannya para murid mengikuti event SISFO CUP ini. Jika hasil dari MGMP tersebut tidak memperbolehkan para muridnya untuk mengikuti event ini maka secara terpaksa para murid tidak dapat ikut berlomba membawa nama baik Sekolah mereka.