Tim ODS FASILKOM Universitas Jember lolos final GEMASTIK 11 di ITS

 

Fasilkom- Tim ODS dari Fakultas Ilmu Komputer lolos final GEMASTIK 11 yang diselenggarakan di ITS Surabaya pada tanggal 2 November 2018. Tim ini terdiri dari Program Studi Sistem Informasi angkatan 2015 yaitu Moh. Basirudin, Vian Elfada, dan Ludfi Ika Purwandini. Tim yang masuk dalam kategori pengembangan perangkat lunak (PPL) ini membuat aplikasi yang sangat inovatif yaitu aplikasi BUANG.IN

     

“BUANG.IN adalah aplikasi untuk penukaran sampah yang dikumpulkan oleh volunteer (pengguna aplikasi yang mengumpulkan sampah) untuk menjadi poin yang kemudian poin tersebut dapat digunakan untuk membeli voucher makanan/ minuman. Aplikasi ini mempunya 3 fitur utama yaitu foto sampah, menukarkan sampah menjadi poin, membeli voucher makanan/minuman dengan poin. Pengguna aplikasi ada 4 yaitu volunteer, bank sampah, mitra umkm, perusahaan.” Jelas Basirudin.

Berikut alur penggunaan aplikasi BUANG.IN

  • Volunteer diharuskan login ke aplikasi. Jika tidak mempunyai akun maka harus membuatnya terlebih dahulu
  • Volunteer mengambil foto sampah, lalu akan mendapatkan kode sampah yang nantinya digunakan untuk verifikasi di bank sampah.
  • Volunteer membawa sampah yang telah difoto sebelumnya ke bank sampah untuk menukarkan sampah dengan poin .
  • Bank sampah memasukkan kode yang didapat volunteer dari setelah momfoto sampah.
  • Bank sampah memlakukan berat sampah dan jenis sampah ke dalam aplikasi, hal ini diperlukan untuk verifikasi sampah.
  • Setelah verifikasi selesai, volunteer mendapatkan poin sesuai dengan berat dan jenis sampah yang disetorkan.
  • Kemudian Volunteer dapat menukarkan poin tadi dengan voucher makanan/minuman dari mitra umkm yang sudah bekerjasama dengan pihak BUANG.IN

 

Tim ODS Fasilkom

GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi, merupakan program Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Program ini diupayakan untuk meningkatkan kualitas peserta didik, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. Pada tahun ini, GEMASTIK akan digelar untuk ke-11 kalinya dengan tema “Inovasi TIK untuk Kedaulatan Bangsa”. Pagelaran ini bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk sebagai panitia penyelenggara. Perguruan Tinggi yang ditunjuk sebagai penyelenggara GEMASTIK pada tahun 2018 ini adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. (Sumber: https://arek.its.ac.id/gemastik/tentang)

“Harapannya ya pastinya nanti untuk kedepannya bisa dapat medali pada gemastik selanjutnya dengan dibarengi persiapan yang benar-benat matang, soalnya kalo ods kemarin itu persiapannya masih kurang jika dibandingkan dengan universitas lain yang sudah mempersiapkan setahun sebelumnya, kita cuma beberapa bulan dan juga dengan target pencapaian seperti itu maka perlu antusias teman-teman fasilkom untuk mewujudkan cita-cita fakultas. Kalo dilihat-lihat ide kita sama dan nggak kalah bagus dengan universitas lain tinggal mahasiswa fasilkomnya saja mau apa tidak mewujudkan keinginan fakultas, karena dua kali fasilkom lolos final dengan pelajaran dan pengalaman yang sudah di dapat diharapkan untuk kedepannya bisa dapat medali” ungkap ludfi.

Dari 132 kampus yang terdaftar saat babak penyisihan GEMASTIK 11, jumlah 2.470 tim yang mengikuti pagelaran ini dari 11 kategori. Tim ODS berhasil masuk kedalam 10 tim kategori pengembang perangkat lunak yang berhak mengikuti final di ITS Surabaya.

“saya mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat dari mengikuti GEMASTIK 11. Banyak perjuangannya untuk pengerjaan dari aplikasinya sendiri kita memakan waktu sekitar satu bulan. Terima kasih untuk fasilkom yang telah memfasilitasi dan memberikan dukungan untuk tim kami selama persiapan hingga pelaksanaan.”Ungkap vian