Focus Group Discussion (FGD) dengan Stakeholder untuk Meningkatkan Luaran Mata Kuliah

Fakultas Ilmu Komputer gelar karya mata kuliah pada tanggal 27 & 28 November 2019, di Aula Fakultas Ilmu Komputer. Kegiatan ini dibagi menjadi 4 (empat) sesi di hari pertama dan 3 (tiga) sesi di hari kedua. Empat sesi di hari pertama merupakan gelar karya mata kuliah Pemrograman Berbasis Framework, sedangkan tiga sesi di hari kedua merupakan gelar karya mata kuliah Pengembangan Perangkat Lunak untuk Agroindustri Modern. Kegiatan ini mengundang berbagai stakeholder dari Pulsk.com, D~Net, Agendakota.id, Edupongo.com, Bakorwil V Jatim, Rootpixel, Perbaik.in, NaturaWorld, Annas Florist, Abyor International, Jala.tech. Setiap perpindahan sesi diisi diskusi oleh stakeholder dan perwakilan dosen mata kuliah sambil menunggu pergantian dan persiapan kelompok berikutnya.

Di tiap sesi, kelompok mahasiswa mempresentasikan hasil pekerjaan mereka ke beberapa stakeholder secara parallel. Stakeholder memberikan nilai terhadap pekerjaan tersebut pada formulir yang telah disediakan sekaligus memberikan saran secara langsung kepada mahasiswa.

Seluruh stakeholder memberikan respon positif terhadap kegiatan ini. Bahkan, sebagian besar stakeholder memberikan peluang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer untuk magang di startup dan perusahaan mereka. Mereka juga siap menerima dan mempertimbangkan perjanjian kerja sama (MoU) jika memang diperlukan. Perihal penawaran MoU telah dibicarakan ke pimpinan fakultas untuk ditindaklanjuti jika memang diperlukan.