Perjanjian Kerja Sama Fakultas Ilmu Komputer dengan Berbagai Fakultas pada Perguruan Tinggi Lain dalam Rangka Percepatan Implementasi program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember (UNEJ) menandatangani Memorandum of Agreement atau (MoA) dengan beberapa kampus yang ada di Pulau Jawa. Ada yang penasaran gak siapa aja sih yang ikut acara Mou ini? TIM dari Fasilkom disini ada Dekan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Koordinator Prodi Sistem Informasi, Koordinator Prodi Teknologi Informasi, Koordinator Prodi Informatika, Tim Kerjasama Fasilkom, dan Tim MBKM Fasilkom.

Udah ada yang tahu belum apa itu MoA? MoA disini yaitu Memorandum of Agreement atau Nota Kesepakatan. Pada pertemuan MoA disini sebagai bentuk kerjasama secara resmi antara UNEJ dengan beberapa perguruan tinggi yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Airlangga, dan Universitas Negeri Surabaya untuk Percepatan Implementasi program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang sesuai arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim. Pertemuan MoA dengan keempat Unuversitas tersebut bertujuan untuk melakukan Pertukaran Pelajar pada semester ganjil 2021/2022 untuk mahasiswa Fasilkom UNEJ maupun mahasiswa PTN mitra lainnya juga bisa saling kuliah di antar kampus.

Berdasarkan kebijakan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal. Melalui program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka maka hard skiil dan soft skill mahasiswa akan terbentuk dengan kuat.

Ada yang tau gak di MBKM itu ada aktivitas apa saja? Oke!! Disini akan dijelasin ada apa saja aktivitasnya.

1. Pertukaran Pelajar

ada kegiatan belajar yang dapat dilakukan seperti: pertukaran pelajar antar prodi pada kampus yang sama, dalam prodi yang sama pada kampus yang berbeda, dan antar prodi pada kampus yang berbeda. Dapat dilaksanakan selama 1 – 2 semester.

2. Magang atau Praktik Kerja

Program ini dapat dilaksanakan selama 1 – 2 semester.

3. Asistensi mengajar di satuan pendidikan

Program ini bisa dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas dan tempat praktek mengajarnya bisa berada di lokasi kota maupun daerah terpencil.

4. Penelitian atau riset

Mahasiswa yang memiliki passion menjadi peneliti, Merdeka Belajar dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan penelitian di lembaga riset/pusat studi

5. Proyek kemanusiaan

Program ini dirancang bersama organisasi resmi untuk dapat diberikan penilaian SKS oleh perguruan tinggi. Sekali program ini maksimal  1 semester dan dapat mengambil lagi pada semester lainnya.

6. Kegiatan wirausaha

Penyusunan silabus kegiatan wirausaha yang dapat memenuhi 20 SKS/semester atau 40 SKS/tahun.

7. Studi/proyek independen

Dijalankan untuk menjadi pelengkap dari kurikulum yang sudah diambil oleh mahasiswa.

8. Membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik (KKNT)

Program ini memiliki pengakuan kredit yang setara 6-12 bulan atau 40 SKS. Pelaksanaan KKNT untuk mendukung kerja sama bersama Kementerian Desa PDTT serta Kementerian atau stakeholder lainnya.

 

Gimana nih penjelasan diatas! sudah paham belum? Sudah ada pandangan mau ikut aktivitas MBKM yang mana apa belum? Yang pastinya sudah ada pandangan buat mahasiswa-mahasiswa FASILKOM. Jangan sampai terlewatkan ya program MBKM ini, dan persiapkan buat mahasiswa-mahasiswa FASILKOM untuk mengikuti MBKM ini di semester depan ya!!