Launching ICOMITEE 2021 & Workshop Bedah Artikel Ilmiah dan Strategi Menembus Jurnal Bereputasi

Fasilkom UNEJ kembali menjadi tuan rumah pelaksana ICOMITEE 2021, Pada hari Rabu, 23 Juni 2021, dilaksanakan Launching ICOMITEE 2021 & Workshop Bedah Artikel Ilmiah dan Strategi Menembus Jurnal Bereputasi. Acara ini dimulai pada pukul 09.00 dan dipandu oleh MC yang merupakan dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember yaitu Karina Nine Amalia S.Kom., M.Kom.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Prof. Dr. Saiful Bukhori, S.T., M.Kom sebagai General Chair ICOMITEE 2021. Dalam sambutannya, Prof Saiful Bukhori menyampaikan beberapa hal seperti apa itu ICOMITEE dan bagaimana pelaksanaan serta keberhasilan kegiatan ICOMITEE pada tahun 2019 lalu. 

ICOMITEE merupakan international conference yang terafiliasi dengan IEEE, pada tahun 2021 ICOMITEE sendiri akan dilaksanakan secara Hybrid pada 27-28 Oktober 2021. Selain itu Prof Saiful Bukhori juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Workshop Bedah Artikel dan Strategi Menembus Jurnal Bereputasi ini  adalah untuk menjaga kualitas manuscript yang akan dikirim pada International Conference ICOMITEE 2021 sehingga dapat di publish pada IEEE Xplore.

Sambutan dilanjutkan Wakil Rektor 1 Universitas Jember, Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D. Pada pertemuan kali ini Prof Slamin memberikan sambutan sebagai perwakilan dari Rektor Universitas Jember. Dalam sambutannya Prof Slamin bercerita mengenai pengalaman beliau yang juga mengikuti ICOMITEE 2019 sebagai moderator dari salah satu keynote speaker. Prof Slamin juga menyampaikan harapannya bahwa dengan pelaksanaan Workshop Bedah Artikel dan Strategi Menembus Jurnal Bereputasi ini teman-teman seprofesi, kolega dosen agar bisa menulis dengan baik, dan akhirnya tulisan tersebut dapat diterima pada ICOMITEE 2021.

Materi pertama dalam workshop ini adalah “Strategi Menembus Jurnal Bereputasi” yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Gamantyo Hendrantoro, Ph.D, Beliau merupakan Guru Besar pada Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang juga menjabat sebagai Vice Chair IEEE Indonesia Section. Dalam penyampaian materi kali ini dipandu oleh seorang moderator yang tidak lain juga merupakan Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember, yaitu Bapak Drs. Antonius Cahya Prihandoko, M. App., Sc., Ph.D. Pada pembahasan materi kali ini, Prof Gamantyo menjelaskan banyak hal tentang Strategi Menembus Jurnal Bereputasi, mulai dari apa pentingnya mempublikasikan artikel kita pada jurnal bereputasi hingga cara-cara agar tulisan kita dapat memenuhi persyaratan dan dapat dipublikasikan, selain memberikan teori-teorinya Prof Gamantyo juga memberikan contoh-contoh penulisan yang benar serta Tips lain mengenai jurnal bereputasi. 

Materi Kedua adalah Bedah Artikel Ilmiah yang disampaikan Ryan Randy Suryono, S.Kom., M.Kom. Beliau merupakan Dosen pada Universitas Teknokrat Indonesia. Dalam penyampaian materi ini juga dipandu oleh moderator yang merupakan Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember, yaitu Bapak Beny Prasetyo, S.Kom., M.Kom. Pada saat penyampaian materi, Pak Ryan melakukan bedah artikel yang beliau tulis dan berhasil dipublikasikan pada jurnal Heliyon, Artikel tersebut berjudul : “Detection of fintech P2P lending issues in Indonesia”. Bapak Ryan menjelaskan proses beliau dari penulisan artikel tersebut mulai dari menemukan topik permasalahan untuk ditulis, hingga proses publikasi artikel pada jurnal bereputasi. Penjelasan dari beliau sangat mudah dipahami dan mendatangkan beberapa pertanyaan dari peserta terkait dengan proses penulisan tersebut.

Bagi Bapak & Ibu Peserta Launching ICOMITEE 2021 & Workshop Bedah Artikel Ilmiah dan Strategi Menembus Jurnal Bereputasi yang menginginkan untuk mempelajari kembali materi yang disampaikan pada workshop ini, dapat mengakses link dibawah ini :

Record Zoom Meeting : 

Materi Workshop : https://unej.id/materiworkshopicomitee

 

Kumpulan Dokumentasi Acara :