Program Studi Informatika di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember resmi berdiri pada 10 Juli 2017, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menristekdikti RI  Nomor 401/KPT/I/2017

Pengajuan pendirian PSIF didorong oleh kebutuhan dari berbagai pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal. Dari sisi internal, dosen dan mahasiswa memiliki keinginan untuk memperdalam teori dan algoritma yang khas pada Informatika yang sebelumnya belum tersedia di UNEJ.

Dari sisi eksternal, kebutuhan tersebut terungkap melalui workshop bersama mitra industri yang telah bekerja sama dengan PSSI dan PSTI. Kegiatan ini berlangsung di Surabaya dan dihadiri oleh berbagai perusahaan besar seperti:

  • PT Semen Gresik
  • PT Sinergi Informatika Semen Indonesia
  • EACIIT Solutions
  • PT Mitratani Dua Tujuh
  • PT Telkom
  • PT GO-JEK Indonesia
  • PT Wahana Integra Nusantara (Cataliz.Id)
  • PT Tatacipta Teknologi Indonesia
  • dan beberapa industri lainnya

VISI

“Unggul dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bidang Ilmu Komputer/Informatika untuk Menunjang Pertanian Industrial pada Tahun 2037.”

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan program sarjana ranah Informatika secara profesional.
  • Menyiapkan SDM yang berkualitas dalam penguasaan kompetensi materi Informatika terutama pada pengembangan pertanian industrial.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di ranah Informatika bagi kepentingan kemanusiaan.
  • Memberdayakan masyarakat melalui penerapan Informatika dan komunikasi.
  • Mengembangkan jaringan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) dalam ranah Informatika.

TUJUAN

  • Menghasilkan sarjana ranah Informatika yang profesional yang mampu mengembangkan dan memanfaatkan perangkat Informatika dan komunikasi dalam tugasnya sehingga mampu mengisi dan menciptakan peluang kerja di ranah Informatika.
  • Mengembangkan Prodi Informatika Universitas Jember sebagai pusat inovasi untuk membantu mengembangkan pertanian industrial.
  • Menghasilkan karya inovatif dalam ranah Informatika untuk menunjang pertanian industrial.
  • Menerapkan hasil karya inovatif yang berdaya guna bagi masyarakat.
  • Menjalin kerjasama ranah pengembangan Informatika dengan pemangku kepentingan.

KURIKULUM PRODI INFORMATIKA

Kurikulum Program Studi Informatika dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan di bidang ilmu komputer dan rekayasa perangkat lunak. Kurikulum mencakup mata kuliah dasar seperti algoritma, pemrograman, dan basis data, hingga mata kuliah lanjutan seperti kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan keamanan informasi. Ciri khas program studi ini adalah fokus pada pemecahan masalah komputasional dan pengembangan sistem cerdas berbasis perangkat lunak. Kurikulum juga menekankan pengembangan soft skills melalui proyek kolaboratif, magang industri, dan mata kuliah kewirausahaan digital. Lulusan dipersiapkan untuk berkarier sebagai asisten peneliti TIK, pengembang perangkat lunak, profesional di bidang kecerdasan buatan, serta teknopreneur yang inovatif. Dengan pendekatan berbasis kompetensi dan pembaruan materi secara berkala, kurikulum ini bertujuan mencetak lulusan yang adaptif, kompeten, dan siap bersaing di dunia kerja maupun melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi.

SEMESTER I
  • Pendidikan Agama
  • Bahasa Inggris
  • Aljabar Linier
  • Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
  • Matematika Dasar
  • Algoritma dan Pemrograman I
  • Interaksi Manusia dan Komputer
  • Etika Profesi
  • Pendidikan Pancasila
SEMESTER II
  • Pemrograman Berorientasi Objek
  • Bahasa Indonesia
  • Matematika Diskrit
  • Teori Graf
  • Algoritma dan Pemrograman II
  • Sistem Basis Data
  • Jaringan Komputer
  • Sistem Digital
SEMESTER III
  • Struktur Data
  • Arsitektur Komputer
  • Riset Operasi
  • Statistika
  • Kecerdasan Buatan
  • Grafika Komputer
  • Metodologi Penelitian
  • Manajemen dan Kewirausahaan
  • Manajemen Keamanan Sistem Informasi
  • Functional Programming
SEMESTER IV
  • Sistem Operasi
  • Analisa dan Desain Perangkat Lunak
  • Teori Bahasa dan Otomata
  • Desain dan Analisis Algoritma
  • Kecerdasan Komputasional
  • Parallel Computing
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Pengembangan PL Untuk Agroindustri Modern
  • Pemrograman Berbasis Website
SEMESTER V
  • Implementasi dan Pengujian Perangkat Lunak
  • Matakuliah Pilihan
SEMESTER VI
  • Kuliah Kerja Nyata
  • Matakuliah Pilihan
SEMESTER VII
  • Praktek Kerja Lapangan
  • Matakuliah Pilihan
SEMESTER VIII
  • Skripsi

PEMINATAN BIDANG

Program Studi Teknologi Informasi menawarkan beberapa peminatan bidang yang dirancang untuk memberikan pendalaman keilmuan sesuai dengan minat dan potensi mahasiswa. Peta bidang minat saat ini disesuaikan dengan peta bidang minat dosen. Peta bidang minat ini antara lain pengembangan perangkat lunak, sistem cerdas, jaringan dan keamanan informasi, serta sistem informasi dan manajemen data. Pemilihan peminatan ini mulai diarahkan melalui mata kuliah pilihan yang dapat diambil mahasiswa pada semester pertengahan studi, sehingga mereka memiliki dasar keilmuan dan keterampilan yang relevan dengan bidang yang diminati. Dengan pendekatan ini, mahasiswa diharapkan memiliki kesiapan yang lebih matang dalam menentukan topik dan bidang skripsi, yang selaras dengan jalur peminatan yang telah dipilih, sekaligus mendukung pencapaian kompetensi lulusan sesuai kebutuhan industri dan perkembangan teknologi terkini.

Intelligent Business
  • Jaringan Syaraf Tiruan
  • Information Retrieval
  • Data Visualization
  • Data Science
  • Pengolahan Citra
  • Sistem Pakar
  • Machine Learning
  • Ubiquitous Computing
  • Algoritma Evolusi
  • Computer Vision
  • Speech Processing
Intelligent Business Lanjut
  • Pemodelan dan Simulasi
  • Pemrosesan Bahasa Alami
  • Deep Learning
  • Robotika
  • Pengenalan Pola
Jaringan
  • Pemrograman Jaringan
  • Sistem Terdistribusi
  • Forensik Digital
  • Komputasi Bergerak
  • Jaringan Multimedia
  • Komputasi Grid dan Paralel
  • Kompresi Data
  • Komputasi Awan
  • Komputasi Pervasif dan Jaringan Sensor
  • Jaringan Nirkabel
  • Teknologi Antar Jaringan
  • Perancangan Keamanan Sistem dan Jaringan
Rekayasa Perangkat Lunak
  • Requirement Engineering
  • Software Design
  • Software Construction
  • Software Testing
  • Software Maintenance
  • Configuration Management
  • Software Quality
Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut
  • Manajemen Resiko
  • Design Pattern
  • Arsitektur Perangkat Lunak
  • Evolusi Perangkat Lunak
  • Ekonomi Rekayasa Perangkat Lunak
  • Software Validation
  • Software Verification

PROFIL PRODI

 

KemampuanProgram studi Informatika atau Ilmu Komputer diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.

Fokus Pembelajaran

Informatika adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. Dengan demikian ilmu yang dipelajari di Teknik Informatika tidak hanya berupa konsep dan teori saja tapi juga penerapan praktis keilmuan tersebut. Dengan demikian lulusan Teknik Informatika Unej selain mampu beradaptasi di dunia industri dengan cepat, lulusan tersebut akan dapat terus mengikuti perkembangan keilmuan di bidang komputer.

Kemampuan Dasar

Program ini terdiri dari mata kuliah-mata kuliah inti seperti matematika, bahasa pemrograman, networking, basis data dan lain sebagainya. Para mahasiswa juga dapat mempelajari matakuliah pilihan lanjut, seperti misalnya e-Commerce, Software Engineering, Multimedia, Network Security, dan lain sebagainya.

Kompetensi Lulusan

Sarjana Informatika juga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.

PROSPEK KERJA

Pembantu peneliti di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di lembaga pemerintah dan swasta, khususnya yang mendukung ekosistem agroindustri

Profesional dalam pengembangan bagian antarmuka pengguna dari sebuah aplikasi atau situs web, memastikan bahwa desain yang dibuat oleh UI/UX designer berfungsi dengan baik dan interaktif menggunakan teknologi seperti HTML, CSS, dan JavaScript.

Profesional yang mengembangkan dan mengelola sisi server dari sebuah aplikasi atau situs web, termasuk database, server, dan logika aplikasi, untuk memastikan data diproses dan dikirimkan dengan benar ke front-end.

Profesional yang merancang, mengimplementasikan, memelihara, dan mengoptimalkan sistem basis data untuk memastikan data tersimpan dengan aman, dapat diakses dengan cepat, dan dikelola dengan efisien.

Profesional yang mengevaluasi dan memverifikasi perangkat lunak untuk memastikan kualitas, kinerja, dan keandalannya dengan mengidentifikasi bug, kesalahan, dan ketidaksesuaian dengan spesifikasi yang ditentukan.

Profesional yang merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem berbasis kecerdasan buatan untuk memecahkan masalah kompleks dan meningkatkan efisiensi serta kinerja aplikasi atau perangkat.

Profesional yang menggunakan metode statistik, algoritma machine learning, dan teknik analisis data untuk mengekstrak wawasan dan informasi berharga dari data besar guna mendukung pengambilan keputusan bisnis dan strategi organisasi.

Profesional yang merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak dan sistem teknis untuk video game, termasuk mesin game, mekanika permainan, dan integrasi teknologi grafis serta audio untuk menciptakan pengalaman bermain yang interaktif dan menyenangkan.

Profesional yang merancang, mengembangkan, dan mengoptimalkan perangkat lunak dan algoritma untuk menghasilkan grafis komputer yang efisien dan realistis, digunakan dalam berbagai aplikasi seperti video game, simulasi, visualisasi, dan efek khusus.

Wirausahawan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan cara menciptakan, mengembangkan, dan memasarkan program, produk, layanan teknologi, khususnya yang mendukung ekosistem agroindustri

CAPAIAN PRODI INFORMATIKA

Mahasiswa Prodi Informatika

Program Studi Informatika secara aktif mendorong partisipasi mahasiswa dalam berbagai kompetisi di tingkat nasional maupun internasional sejak tahun 2023 hingga saat ini. Berbagai prestasi telah diraih, termasuk 17 kejuaraan tingkat lokal dan 51 kejuaraan tingkat nasional. Di tingkat internasional, mahasiswa Informatika berhasil meraih Juara 1 dalam ajang Asian Youth Innovation Award (AYIA) 2024 yang diselenggarakan di Malaysia Technology Expo.

Dosen

Dosen Program Studi Informatika aktif berkontribusi dalam berbagai kegiatan ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional. Peran yang dijalankan meliputi sebagai narasumber, trainer, hingga tenaga ahli dalam kegiatan seperti seminar, pelatihan, dan forum ilmiah lainnya. (Prof slamin, prof saiful, prof anton, bu nelly, pak tio, pak januar)

Beberapa dosen juga berhasil memperoleh pendanaan hibah kompetitif, antara lain melalui kerja sama Universitas Jember dengan Islamic Development Bank (IDB), dengan topik penelitian seputar optimasi proses bisnis  pada rentang tahun 2018. Selain itu, kolaborasi lintas fakultas juga menghasilkan pendanaan dari program Kedaireka dan BIMA.

Salah satu dosen Informatika juga mengikuti berbagai program internasional, seperti program penyetaraan ilmu dasar di Indonesia, kegiatan riset di Malaysia dan Australia, hingga menjadi dosen tamu di India yaitu Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D., yang dikenal sebagai pakar teori graf, merupakan salah satu akademisi unggulan Prodi Informatika. Beliau pernah menjabat sebagai Presiden Indonesian Combinatorics Society dan menjadi Society Fellow di Institute of Combinatorics and its Applications (ICA), Kanada. Dengan lebih dari 100 publikasi ilmiah internasional dan lebih dari 60 presentasi di berbagai konferensi, namanya telah dikenal luas di dunia akademik global. Beliau juga dipercaya sebagai reviewer untuk American Mathematical Society dan menjadi anggota Komite Pengarah Asian Citation Index.

Sertifikasi dan Pelatihan Dosen

Sertifikasi Dosen:

  • 5 dosen bersertifikat Serdos
  • 1 dosen bersertifikasi bidang jaringan
  • 2 dosen bersertifikasi pemrograman Python (MTA)
  • 1 dosen bersertifikasi bidang digital marketing

Pelatihan Dosen:

  • 5 dosen terlatih di bidang informatika dan komunikasi (infokom)
  • 15 dosen terlatih di bidang pedagogik

KELOMPOK RISET

Visi 

Menjadi pusat unggulan riset yang inovatif dan terkemuka dalam pengembangan ilmu komputer untuk mendukung pertanian presisi, keberlanjutan, serta ketahanan pangan global melalui solusi cerdas berbasis data, sistem otomatisasi, dan jaringan terintegrasi

Misi
  1. Mengembangkan teknologi informasi dan komputasi untuk pertanian presisi dan efisiensi sumber daya.
  2. Mengintegrasikan teknologi IoT, AI, GIS, dan penginderaan jauh untuk pertanian berkelanjutan.
  3. Mendorong inovasi otomatisasi dan robotika untuk meningkatkan produktivitas pertanian.
  4. Memanfaatkan blockchain untuk keamanan dan transparansi rantai pasok pertanian.
  5. Membangun kerjasama riset dengan akademisi, industri, dan pemerintah untuk mempercepat adopsi teknologi di sektor pertanian.
  6. Mengedukasi dan mengembangkan sumber daya manusia di bidang agroinformatika.
Visi:

Terdepan dan produktif dalam Kriptografi, Teori Graf, Graf Pengetahuan, Visualisasi Data dan Teori Pengkodean serta aplikasinya khususnya untuk pertanian industrial

Misi:
  1. Mengembangkan solusi kriptografi yang aman dan efisien untuk melindungi data dan komunikasi dalam lingkungan digital yang terus berkembang.
  2. Menerapkan teori graf dan graf pengetahuan untuk memecahkan masalah kompleks dalam jaringan, analisis data, dan optimasi dalam pertanian industrial.
  3. Menciptakan alat dan teknik visualisasi data yang efektif untuk membantu pengguna memahami informasi kompleks dan membuat keputusan berbasis data.
  4. Mendorong kolaborasi antara berbagai disiplin ilmu untuk mengintegrasikan pendekatan kriptografi, graf, dan visualisasi data dalam penelitian dan aplikasi dunia nyata.
  5. Mengembangkan dan menerapkan solusi inovatif dalam kriptografi, teori graf, dan visualisasi data untuk mendukung hilirisasi produk penelitian di sektor pertanian industri
Visi  

Menjadi pusat unggulan dalam pengembangan inovasi teknologi multimedia dan perangkat lunak yang berdaya saing global, berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Misi 
  1. Melakukan penelitian inovatif di bidang kecerdasan buatan, pengolahan multimedia, dan rekayasa perangkat lunak untuk menghasilkan solusi yang kreatif dan relevan dengan tantangan dunia nyata.
  2. Membangun kolaborasi yang kuat dengan akademisi, industri, dan komunitas untuk mendorong transfer pengetahuan dan inovasi.
  3. Mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing di bidang multimedia dan perangkat lunak.
  4. Mempublikasikan hasil penelitian di jurnal internasional bereputasi dan konferensi ilmiah tingkat dunia.
  5. Menerapkan hasil penelitian dalam bentuk produk, layanan, atau kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Infografik

Program Studi Informatika dalam angka

Kelompok Riset

3

Jumlah Publikasi

149

Prestasi Mahasiswa

69

Jumlah DTPS 

16

Jumlah Mahasiswa

476