+62 331 326911
dekan.ilkom@unej.ac.id
Kalimantan 37
Jember

Profile Informatika

Program studi informatika merupakan program studi yang baru di fakultas ilmu komputer, meskipun program studi ini baru namun peminat jurusan ini cukup tinggi di unej. Fokus jurusan ini pada kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software yang terkait bidang informatika.

Visi:

“Unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang ilmu komputer/informatika untuk menunjang pertanian industrial pada tahun 2037”.

Misi:

1. Menyelenggarakan pendidikan program sarjana bidang Ilmu Komputer/Informatika secara profesional.

2. Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam penguasaan kompetensi materi Ilmu Komputer/Informatika terutama pada pengembangan pertanian industrial.

3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Ilmu Komputer/Informatika bagi kepentingan kemanusiaan.

4. Memberdayakan masyarakat melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

5. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholder) dalam bidang Ilmu  Komputer/Informatika.

Tujuan:

1. Menghasilkan sarjana bidang Ilmu Komputer/Informatika yang profesional yang mampu mengembangkan dan memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi dalam tugasnya sehingga mampu mengisi dan menciptakan peluang kerja di bidang Ilmu Komputer/Informatika.

2. Mengembangkan Program Studi Informatika Universitas Jember sebagai pusat inovasi untuk membantu mengembangkan pertanian industrial.

3. Menghasilkan karya inovatif dalam bidang Ilmu Komputer/Informatika untuk menunjang pertanian industrial.

4. Menerapkan hasil karya inovatif yang berdaya guna bagi masyarakat.

5. Menjalin kerjasama bidang pengembangan Ilmu Komputer/Informatika dengan pemangku kepentingan.

Kemampuan

Program studi Informatika atau Ilmu Komputer diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.








Fokus pembelajaran

Teknik Informatika adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. Dengan demikian ilmu yang dipelajari di Teknik Informatika tidak hanya berupa konsep dan teori saja tapi juga penerapan praktis keilmuan tersebut. Dengan demikian lulusan Teknik Informatika Unej selain mampu beradaptasi di dunia industri dengan cepat, lulusan tersebut akan dapat terus mengikuti perkembangan keilmuan di bidang komputer.

Kemampuan dasar

Program ini terdiri dari mata kuliah-mata kuliah inti seperti matematika, bahasa pemrograman, networking, basis data dan lain sebagainya. Para mahasiswa juga dapat mempelajari matakuliah pilihan lanjut, seperti misalnya e-Commerce, Software Engineering, Multimedia, Network Security, dan lain sebagainya.

Kompetensi lulusan

sarjana Teknik Informatika juga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.

Mobile applications developer

software devoleper yang mengkhususkan pada pengembangan aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan untuk perangkat genggam, seperti tablet dan smartphone.

Network analyst

berperan dalam proses analisis terhadap sistem jaringan komputer, perancangan topologi jaringan, pemilihan perangkat hardware dan software yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pengguna.

It consultant

berperan untuk memberikan analisis dan rekomendasi solusi terhadap permasalahan-permasalahan terkait pembuatan, pengembangan dan implementasi sistem informasi.

Web developer

software developer yang mengkhususkan pada pengembangan aplikasi perangkat lunak berbasis Web.


Intelligent System Developer

Pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.


Software Tester

Terkait dengan ukuran perangkat lunak, sarjana informatika dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenar-an fungsi dari sebuah perangkat lunak.