+62 331 326911
dekan.ilkom@unej.ac.id
Kalimantan 37
Jember

Profile Sistem Informasi

Saat ini jurusan Sistem Informasi telah menjadi salah satu jurusan favorit di bidang studi komputer khususnya di Universitas Negeri Jember, jadi tidak heran grade untuk jurusan ini juga tidak kalah dengan jurusan favorit lainnya. Jurusan ini menjadi jurusan yang pertama kali ada di universitas negeri jember sebelum teknologi informasi dan informatika

Visi:

“Unggul dalam pengembangan sistem informasi agroindustri modern pada tahun 2027”.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan program sarjana bidang sistem informasi secara profesional.

2. Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam penguasaan kompetensi materi sistem informasi terutama pada pengembangan sistem informasi manajemen agroindustri modern.

3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang sistem informasi bagi kepentingan kemanusiaan.

4. Memberdayakan masyarakat melalui penerapan teknologi informasi

5. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders dalam bidang sistem informasi

Tujuan:

1. Menghasilkan Sarjana Sistem Informasi yang profesional untuk mengembangkan dan memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi dalam tugasnya sehingga mampu mengisi dan menciptakan peluang kerja di bidang teknologi informasi.

2. Mewujudkan Program Studi Sistem Informasi Universitas Jember sebagai pusat inovasi pengembangan sistem informasi agroindustri modern.

3. Menghasilkan karya inovatif dalam bidang sistem informasi agroindustri

4. Menerapkan hasil karya inovatif yang berdaya guna bagi masyarakat.

5. Menjalin kerjasama bidang pengembangan sistem informasi dengan stakeholders

Kompleksitas

Mengelola data yang kompleks dengan akurasi yang tinggi dengan memanfaatkan sistem informasi yang mengintegrasikan proses, data dan presentasi melalui analisis, perancangan, implementasi dan pengu ian untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Analisis Data

Menganalisis, mendesain, mengimplementasikan dan menguji pengembangan perangkat lunak baik dengan menggunakan pemrograman berorientasi prosedural maupun pemrograman berorientasi obyek.

Efisiensi pemecahan masalah

Mengembangkan cara-cara yang efektif dalam memecahkan masalah komputasi terutama dalam proses analisa data untuk mendapatkan informasi yang lebih bermakna.

Kolaborasi mencapai tujuan

Mengorganisasikan proyek perangkat lunak dengan menggunakan manajemen proses, manajemen produk dan manajemen Sumber Daya Manusia untuk menghasilkan produk dengan kualitas terjamin Penguasaan Pengetahuan

Fase Developed

Menguasai prosedur untuk menyelesaikan permasalahan sistem informasi, manajemen proyek perangkat lunak, desain dan implementasi bahasa pemrograman prosedural dan bahasa pemrograman berorientasi obyek, desain dan implementasi basis data serta pengujian dan pengukuran perangkat lunak sehingga dapat berperan sebagai asisten team leader dan analis sistem, perancang sistem, programmer, tester, Quality Assurance pada proyek perangkat lunak Kemampuan Manajerial

Mutu dan kualitas

Mengelola pekerjaan perangkat lunak secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab untuk mengorganisasikan pekerjaan perangkat lunakdengan menggunakan manajemen proses, manajemen produk dan manajemen Sumber Daya Manusia untuk menghasilkan produk dengan kualitas terjamin




Business Process Analyst

Memahami kebutuhan bisnis dalam sebuah organisasi. Business analyst harus mempunyai kemampuan dalam hal mencari sebuah isu penting dalam organisasi, mencari kekuatan dan kelemahan organisasi dan saran perbaikannya, melihat dan memperbaiki kebutuhan yang dibutuhkan, serta mampu mengindentifikasi sebuah proses bisnis organisasi/perusahaan yang dibutuhkan

E-Business Analyst

Menganalisa dan merancang proses bisnis organisasi secara elektronik dalam rangka untuk peningkatan sebuah layanan dan efisiensi. Dalam hal ini pengetahuan yang harus dimiliki E-Business Analyst seperti mahir dalam bidang arsitektur enterprise, strategi manajemen dan akuisisi Sistem Informasi, serta manajemen proyek Teknologi Informasi.

ERP Specialist

bertanggung jawab dalam hal penyesuaian, integrasi paket perangkat lunak ERP pada proses bisnis organisasi/perusahaan. Sebuah perangkat lunak ERP yang suda dibeli oleh perusahaan/organisasi belum tentu dan sinkron dengan proses bisnis organisasi/perusahaan tersebut. Perlu adanya penyesuaian dan modifikasi serta konfigurasi dari paket ERP agar bisa sesuai dengan proses bisnis organisasi/perusahaan.

Network Administrator

Profesi ini bertanggung jawab dalam pengelolaan jaringan TI organisasi seperti LAN dan WAN. Network administrator juga mempunyai tugas memastikan bahwa jaringan berjalan dengan baik.





Web Content Specialist

Prosesi ini bertugas dalam mengembangkan dan mengelola isi dari sebuah website. Profesi ini membutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang terkait analisis dan perancangan sistem, manajemen proyek, TI, pengembangan aplikasi, perancangan interface, serta pencarian informasi

Database Analyst

Profesi ini bertanggung jawab dalam melakukan perancangan database. Profesi ini berfungsi untuk menjami bahwa rancangan database yang dibuat sudah memenuhi dan sesuai kebutuhan dalam organisasi/perusahaan.