+62 331 326911
dekan.ilkom@unej.ac.id
Kalimantan 37
Jember

Profile Teknologi Informasi

Program studi informasi merupakan prodi baru yang ada setelah program studi sistem informasi yang mulai ada sejak 2016 lalu. Prodi ini mulai berfokus untuk menentukan algoritma atau metode berbasis komputer yang sesuai untuk memecahkan permasalahan teknologi informasi khususnya yang berkaitan dengan maslah agroindustri.

Visi:

“Unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang teknologi informasi untuk menunjang pertanian industrial pada tahun 2035”.

Misi:

1. Menyelenggarakan pendidikan program sarjana bidang teknologi informasi secara profesional.

2. Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam penguasaan kompetensi materi teknologi informasi terutama pada pengembangan pertanian industrial.

3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi informasi bagi kepentingan kemanusiaan.

4. Memberdayakan masyarakat melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi

5. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) dalam bidang teknologi informasi

Tujuan:

1 Menghasilkan sarjana bidang teknologi informasi yang profesional yang mampu mengembangkan dan memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi dalam tugasnya sehingga mampu mengisi dan menciptakan peluang kerja di bidang teknologi informasi.

2. Mengembangkan Program Studi Teknologi Informasi Universitas Jember sebagai pusat inovasi untuk membantu mengembangkan pertanian industrial.

3. Menghasilkan karya inovatif dalam bidang teknologi informasi untuk menunjang pertanian industrial.

4. Menerapkan hasil karya inovatif yang berdaya guna bagi masyarakat.

5. Menjalin kerjasama bidang pengembangan teknologi informasi dengan pemangku kepentingan.

Analisis System

Mampu menganalisis dan menentukan algoritma atau metode berbasis komputer yang sesuai untuk memecahkan permasalahan teknologi informasi sesuai dengan permasalahan yang ada dilapangan




Development System

Mampu menerapkan algorithma atau metode berbasis komputer pada berbagai bidang teknologi informasi (Network Security, Data Compression Multimedia Technologies, Mobile Computing Intelligent Systems, Information Management, Algorithms and Complexity, Human-Computer Interaction, Graphics and Visual Computing, dan lain-lain.)

Acceptence

Mampu membangun perangkat lunak sesuai dengan teknik Rekayasa Perangkat Lunak yang benar, dan mampu memodelkan serta menyelesaikan permasalahan pertanian industrial yang berkaitan dengan teknologi informasi

Penguasaan Pengetahuan

Mempunyai pengetahuan dalam mengembangkan algoritma atau metode yang diimplementasikan dalam teknologi informasi. Mempunyai pengetahuan tentang pertanian industrial dan memodelkannya dalam bentuk algoritmik

Kemampuan Manajerial

Dalam bidang manajerial, lulusan PSTI diharapkan memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama tim (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi

Software engineer

Software engineering adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal requirement capturing (analisa kebutuhan pengguna), specification (menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna), design, coding, testing sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.




Web developer

seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, web developer membuat berbagai hal “terjadi” pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut.

Manajer database

Manajer database biasanya berperan memegang suatu aset database perusahaanya, karena orang IT ini tersebutlah yang memegang harus benar-benar paham mengenai database. Profesi ini memerlukan biasanya memerlukan skill pemrograman seperti SQL-Server, Php Myadmin dll





Programmer Freelance

programmer freelance. Inilah kerjaan paling fleksibel. Kita bisa kerja dari mana saja selama terhubung ke Internet. Biasanya programmer freelance menjadikan rumah sebagai kantor. Menurut saya programmer freelance ini bisa dianggap sedang membuat perusahaan start-up. Bidang profesi programmer freelance sangat beragam. Misalnya anda bisa membuka jasa pembuatan website, pembuatan aplikasi, hingga membuka layanan konsultasi untuk mahasiswa yang bingung mengerjakan skripsi.

Desktop programming

Pekerjaan ini memfokuskan pada perancangan suatu aplikasi berbasis desktop sesuai kebutuhan pelanggan. Perancangan ini biasanya memiliki basisi frame work seperti Java,Visual Basic ,Phyton dll sehingga memungkinkan programmer bisa memilih sesuai dengan kompetensi masing-masing


Teknisi Komputer

Biasanya keahlian ini dipelajari secara otodidak. Apakah memang hobi bongkar pasang komputer atau nyari tutorialnya di internet. Ini bukan skill yang akan anda dapati saat masuk ke jurusan ilmu komputer maupun teknik informatika.Keahlian ini cukup dibutuhkan. Jika anda kerja di perusahaan non-IT (seperti PNS atau di bank), kerjaan sebagai teknisi komputer sering menjadi tanggung jawab anda.