Program studi Informatika atau Ilmu Komputer diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.
Teknik Informatika adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. Dengan demikian ilmu yang dipelajari di Teknik Informatika tidak hanya berupa konsep dan teori saja tapi juga penerapan praktis keilmuan tersebut. Dengan demikian lulusan Teknik Informatika Unej selain mampu beradaptasi di dunia industri dengan cepat, lulusan tersebut akan dapat terus mengikuti perkembangan keilmuan di bidang komputer.
Program ini terdiri dari mata kuliah-mata kuliah inti seperti matematika, bahasa pemrograman, networking, basis data dan lain sebagainya. Para mahasiswa juga dapat mempelajari matakuliah pilihan lanjut, seperti misalnya e-Commerce, Software Engineering, Multimedia, Network Security, dan lain sebagainya.
sarjana Teknik Informatika juga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.
Pembantu peneliti di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di lembaga pemerintah dan swasta, khususnya yang mendukung ekosistem agroindustri
Profesional dalam pengembangan bagian antarmuka pengguna dari sebuah aplikasi atau situs web, memastikan bahwa desain yang dibuat oleh UI/UX designer berfungsi dengan baik dan interaktif menggunakan teknologi seperti HTML, CSS, dan JavaScript.
Profesional yang mengembangkan dan mengelola sisi server dari sebuah aplikasi atau situs web, termasuk database, server, dan logika aplikasi, untuk memastikan data diproses dan dikirimkan dengan benar ke front-end.
Profesional yang merancang, mengimplementasikan, memelihara, dan mengoptimalkan sistem basis data untuk memastikan data tersimpan dengan aman, dapat diakses dengan cepat, dan dikelola dengan efisien.
Profesional yang mengevaluasi dan memverifikasi perangkat lunak untuk memastikan kualitas, kinerja, dan keandalannya dengan mengidentifikasi bug, kesalahan, dan ketidaksesuaian dengan spesifikasi yang ditentukan.
Profesional yang merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem berbasis kecerdasan buatan untuk memecahkan masalah kompleks dan meningkatkan efisiensi serta kinerja aplikasi atau perangkat.
Profesional yang menggunakan metode statistik, algoritma machine learning, dan teknik analisis data untuk mengekstrak wawasan dan informasi berharga dari data besar guna mendukung pengambilan keputusan bisnis dan strategi organisasi.
Profesional yang merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak dan sistem teknis untuk video game, termasuk mesin game, mekanika permainan, dan integrasi teknologi grafis serta audio untuk menciptakan pengalaman bermain yang interaktif dan menyenangkan.
Profesional yang merancang, mengembangkan, dan mengoptimalkan perangkat lunak dan algoritma untuk menghasilkan grafis komputer yang efisien dan realistis, digunakan dalam berbagai aplikasi seperti video game, simulasi, visualisasi, dan efek khusus.
Wirausahawan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan cara menciptakan, mengembangkan, dan memasarkan program, produk, layanan teknologi, khususnya yang mendukung ekosistem agroindustri.