-
Visi
- “Unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang ilmu komputer/informatika untuk menunjang pertanian industrial pada tahun 2037”.
-
Misi
- 1. Menyelenggarakan pendidikan program sarjana bidang Ilmu Komputer/Informatika secara profesional.
- 2. Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam penguasaan kompetensi materi Ilmu Komputer/Informatika terutama pada pengembangan pertanian industrial.
- 3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Ilmu Komputer/Informatika bagi kepentingan kemanusiaan.
- 4. Memberdayakan masyarakat melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
- 5. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholder) dalam bidang Ilmu Komputer/Informatika.
-
Tujuan
- 1. Menghasilkan sarjana bidang Ilmu Komputer/Informatika yang profesional yang mampu mengembangkan dan memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi dalam tugasnya sehingga mampu mengisi dan menciptakan peluang kerja di bidang Ilmu Komputer/Informatika.
- 2. Mengembangkan Program Studi Informatika Universitas Jember sebagai pusat inovasi untuk membantu mengembangkan pertanian industrial.
- 3. Menghasilkan karya inovatif dalam bidang Ilmu Komputer/Informatika untuk menunjang pertanian industrial.
- 4. Menerapkan hasil karya inovatif yang berdaya guna bagi masyarakat.
- 5. Menjalin kerjasama bidang pengembangan Ilmu Komputer/Informatika dengan pemangku kepentingan.
Kurikulum
Kurikulum Program Sarjana Sistem Informasi dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu delapan semester (empat tahun).
Semester 1
- Pendidikan Agama
- Aljabar Linier
- Bahasa Inggris
- Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
- Matematika Dasar
- Algoritma dan Pemrograman I
- Interaksi Manusia dan Komputer
- Etika Profesi
- Pendidikan Pancasila
Semester 2
- Sistem Digital
- Bahasa Indonesia
- Matematika Diskrit
- Teori Graf
- Pemrograman Berorientasi Obyek
- Algoritma dan Pemrograman II
- Sistem Basis Data
- Jaringan Komputer
Semester 3
- Struktur Data
- Arsitektur Komputer
- Riset Operasi
- Manajemen dan Kewirausahaan
- Statistika
- Kecerdasan Buatan
- Grafika Komputer
- Manajemen Keamanan Sistem Informasi
- Functional Programming
- Metodologi Penelitian
Semester 4
- Sistem Operasi
- Analisa dan Desain Perangkat Lunak
- Teori Bahasa dan Otomata
- Desain dan Analisis Algoritma
- Kecerdasan Komputasional
- Pemrograman Berbasis Website
- Parallel Computing
- Pengembangan PL Untuk Agroindustri Modern
- Pendidikan Kewarganegaraan
Semester 5
- Implementasi dan Pengujian Perangkat Lunak
- Mata Kuliah Pilihan
Semester 6
- Mata Kuliah Pilihan
Semester 7
- Kuliah Kerja Nyata
- Praktek Kerja Lapangan
Semester 8
- Skripsi
Peminatan
Untuk pengembangan keterampilan profesional, Program Studi Sarjana sistem informasi menawarkan berbagai mata kuliah terapan yang dapat digolongkan ke dalam tiga peminatan:
MK Pilihan Intelligent Business
MK Pilihan Intelligent Business Lanjut: Prasyarat lulus KK
MK Pilihan RPL
MK Pilihan RPL Lanjut
MK Pilihan Jaringan
MK Pilihan Konversi Program Bangkit
MK Pilihan Konversi Magang MBKM
Profil Jurusan
Kemampuan
Program studi Informatika atau Ilmu Komputer diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.
Fokus pembelajaran
Teknik Informatika adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. Dengan demikian ilmu yang dipelajari di Teknik Informatika tidak hanya berupa konsep dan teori saja tapi juga penerapan praktis keilmuan tersebut. Dengan demikian lulusan Teknik Informatika Unej selain mampu beradaptasi di dunia industri dengan cepat, lulusan tersebut akan dapat terus mengikuti perkembangan keilmuan di bidang komputer.
Kemampuan dasar
Program ini terdiri dari mata kuliah-mata kuliah inti seperti matematika, bahasa pemrograman, networking, basis data dan lain sebagainya. Para mahasiswa juga dapat mempelajari matakuliah pilihan lanjut, seperti misalnya e-Commerce, Software Engineering, Multimedia, Network Security, dan lain sebagainya.
Kompetensi lulusan
sarjana Teknik Informatika juga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.
Prospek Kerja
Asisten peneliti bidang TIK
Pembantu peneliti di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di lembaga pemerintah dan swasta, khususnya yang mendukung ekosistem agroindustri
Frontend Developer
Profesional dalam pengembangan bagian antarmuka pengguna dari sebuah aplikasi atau situs web, memastikan bahwa desain yang dibuat oleh UI/UX designer berfungsi dengan baik dan interaktif menggunakan teknologi seperti HTML, CSS, dan JavaScript.
Backend Developer
Profesional yang mengembangkan dan mengelola sisi server dari sebuah aplikasi atau situs web, termasuk database, server, dan logika aplikasi, untuk memastikan data diproses dan dikirimkan dengan benar ke front-end.
Database Engineer
Profesional yang merancang, mengimplementasikan, memelihara, dan mengoptimalkan sistem basis data untuk memastikan data tersimpan dengan aman, dapat diakses dengan cepat, dan dikelola dengan efisien.
Software Tester
Profesional yang mengevaluasi dan memverifikasi perangkat lunak untuk memastikan kualitas, kinerja, dan keandalannya dengan mengidentifikasi bug, kesalahan, dan ketidaksesuaian dengan spesifikasi yang ditentukan.
Intelligent System Developer
Profesional yang merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem berbasis kecerdasan buatan untuk memecahkan masalah kompleks dan meningkatkan efisiensi serta kinerja aplikasi atau perangkat.
Data Scientist
Profesional yang menggunakan metode statistik, algoritma machine learning, dan teknik analisis data untuk mengekstrak wawasan dan informasi berharga dari data besar guna mendukung pengambilan keputusan bisnis dan strategi organisasi.
Game Engineer
Profesional yang merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak dan sistem teknis untuk video game, termasuk mesin game, mekanika permainan, dan integrasi teknologi grafis serta audio untuk menciptakan pengalaman bermain yang interaktif dan menyenangkan.
Graphics Engineer
Profesional yang merancang, mengembangkan, dan mengoptimalkan perangkat lunak dan algoritma untuk menghasilkan grafis komputer yang efisien dan realistis, digunakan dalam berbagai aplikasi seperti video game, simulasi, visualisasi, dan efek khusus.
Teknopreneur
Wirausahawan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan cara menciptakan, mengembangkan, dan memasarkan program, produk, layanan teknologi, khususnya yang mendukung ekosistem agroindustri.
-
Apakah perbedaan antara Sistem Informasi dan Informatika?
Ilmu Komputer dan Teknik Informatika pada dasarnya merujuk pada bidang ilmu yang sama. Cakupannya cukup luas, mulai dari fondasi teoretis di bidang komputasi, yaitu teori komputasi, perancangan algoritma, hingga penerapannya di bidang kecerdasan buatan, pengolahan informasi multimedia, keamanan informasi, pengolahan data besar, dan topik-topik menarik lainnya. -
Ada berapa Program Studi Sarjana di Fakultas Ilmu Komputer Unej?
Terdapat tiga program studi yakni Sistem Informasi, teknologi informasi, dan informatika.
Frequently Asked Questions
Modal title
Recent Comments